Definisi ekonomi




Ekonomi adalah :
-          Sebuah ilmu yang berhubungan dengan uang dan nafsu, dimana ketika sudah ada suatu hal tetapi masih menginginkan hal yang lain, tetapi hal itu tak terlaksana karena keterbatasan keuangan.
-          Suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan nya dengan memperhatikan kemampuan kemampuan atau sumber daya nya dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
-          Bukan ilmu orang yang individu atau sendirian, tidak bisa dikerjakan sendiri harus ada orang lain, seperti beli barang atau naik kereta (kendaraan umum) dimana kita membutuhkan masinis atau supir sebagai penyedia jasa yang kiat gunakan.
Ekonomi merupakan bagian dari matematika dan sosiologi.
Ekonomi tidak hanya sekedar uang, tapi ada hal lain yang diatur di dalam nya.
Definisi barang
Barang ekonomis = barang yang bisa diperoleh tanpa pengorbanan. Pengorbanan = uang
Contoh = udara, sampai sekarang masih gratis, belum pakai tabung oksigen.
Barang modal = seperti komputer, tidak habis jika digunakan.
Barang konsumsi = jika digunakan akan habis
Ekonomi di indonesia
Sebenarnya, Jepang adalah negara yang miskin sumber daya alam, pulaunya sangat sedikit, tetapi, kenapa jepang bisa menjadi negara yang sangat maju? Yap, ekonomi nya sangat maju karena sumber daya manusia di sana sangat tinggi. Di indonesia kebalikannya, sumber daya alam yang ada di indonesia sangat banyak, tetapi SDM (sumber daya manusia), infrastruktur, dan kepedulian pemerintah lah yang sangat kurang sehingga itu yang menyebabkan indonesia tidak sama dengan dengan negara maju seperti jepang.

No comments:

Post a Comment