Hubungan Masyarakat Desa Dan Kota

• Pengertian Masyarakat
Dalam arti luas masyarakat adalah keseluruhan hubungan-hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya.

Masyarakat harus mempunyai syarat-syarat berikut :
1. Harus ada pengumpulan manusia, dan harus banyak, bukan pengumpulan binatang
2. Telah bertempat tinggal dalam waktu yang lama disuatu daerah tertentu
3. Adanya aturan-aturan atau undang-undang yang mengatur mereka untuk menuju pada kepentingan dan tujuan bersama.
• MASYARAKAT PERKOTAAN
Pengertian masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan. Ada beberap ciri yang menonjol pada masyarakat kota yaitu :
Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa. Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu. Pembagian kerja di antara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata. Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa. Kemudian Interaksi yang terjadi oleh orang kota lebih banyak terjadi berdasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi. Lalu orang kota Pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu daripada orang desa. Dan yang terakhir Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh dari luar.
Ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara desa dan kota :
1. Jumlah dan kepadatan penduduk;
2. Lingkungan hidup;
3. Mata pencaharian;
4. Corak kehidupan sosial;
5. Statifikasi sosial;
6. Mobilitas sosial;
7. Pola interaksi sosial;
8. Solidaritas sosial; dan
9. Kedudukan dalam hirarki sistem administrasi nasional.
Namun tidak di pungkiri bahawa masyarakat perkotaan dan pedesaan memiliki hubungan timbal balik. Misalnya masyarakat perkotaan membutuhkan bahan makanan seperti nasi, gandum, sayur mayor, buah-buahan itu bisa di peroleh dari masyarakat pedesaan . begitu pula sebaliknya masyarakat pedesaan membutuhkan makanan yang sudah diolah , alat transportasi, dan pupuk untuk pertanian yang bisa di dapatkan dari kota. Ini membuktikan bahwa masyarakat pedesaan dan perkotaan saling membutuhkan.

sumber : http://detonugraha.blogspot.com/2011/01/artikel-tentang-hubungan-masyarakat.html

1 comment: