Pancasila jadi pedoman Hidup

Menurut saya, Agama memang menjadi pedoman hidup dalam kehidupan sehari hari. Dan pancasila memang merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan kehidupan berbangsa dan bernegara di indonesia. Tetapi, bukan berarti kita meng – agama – kan pancasila.
Pancasila adalah ideology, sedangkan agama adalah kepercayaan / keyakinan. Pancasila adalah sumber dari segala gagasan mengenai wujud masyarakat, yang menjamin kesentosaan dan memberikan kesejahteraan lahir dan batin. Pancasila dipergunakan sebagai pegangan hidup bangsa, penjelmaan falsafah hidup bangsa dalam pelaksanaan hidup sehari-hari. Semua tingkah laku dan tindak/perbuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila pancasila.


Sedangkan agama merupakan pedoman atau pondasi bagi manusia yang membatasi dan mengatur baik buruknya tingkah laku manusia, di dalam agama juga terdapat norma dan hukum yang berlaku dimana aturan di dalamnya wajib di taati.
Pancasila berbicara tentang kebaikan, sedangkan agama berbicara tentang kebenaran. Adakalanya kebaikan menjadi bagian dari kebenaran dan sebaliknya. Namun, tetap terdapat bagian dari kebenaran yang tidak dapat tersentuh oleh nilai kebaikan, begitupun sebaliknya, tidak semua nilai kebaikan merupakan kebenaran. Sebagai contoh, memakan daging sapi adalah hal yang baik, terutama pada masa pertumbuhan, namun hal ini tidak dibenarkan dalam ajaran agama Hindu karena mereka melarang umatnya untuk memakan daging sapi.
Negara kita memang bukanlah negara agama, tetapi juga tidak begitu saja menjadi negara sekular yang memisahkan agama dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ini berarti antara Pancasila dan Agama sangat berbeda . walaupun keduanya menjadi pegangan hidup bangsa Indonesia. Agama adalah hubungan kita manusia dengan sang pencipta, sedangkan pancasila hubungan seorang warga Negara dengan Negara dan lingkungan sosialnya.


KESIMPULAN
Berdasarkan latar belakang, pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Jadi, Pancasila adalah sebuah ideologi. Jika pancasila yang dijadikan sebagai pedoman hidup dikatakan berarti meng-agama-kan pancasila itu adalah salah karena agama dan pancasila berdiri sendiri, meskipun fungsinnya sama sebagai pedoman hidup manusia namun kandungan di dalamnnya berbeda, pancasila terkandung di dalamnya lima sila, sedangkan Agama adalah kepercayaan. Agama terkandung di dalamnya aturan-aturan yang wajib di taati yang mengatur baik buruknnya segala tingkah laku manusia dan terdapat hukuman jika melanggarnnya..

Referensi =

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100216060355AANc4Ft
http://id.wikipedia.org/wiki/Ideologi
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepercayaan
http://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila

No comments:

Post a Comment