(TIPS) Cara pintar Berdebat

Berdebat itu akan baik dan banyak pelajaran yang bisa didapat didalamnya-nya. Karena dalam sebuah perdebatan itulah diharapkan lahir ide-ide baru dari sebuah persoalan. Nah, jika ada tugas berdiskusi didalam kelas,
KAMU GAUSAH TAKUT ATAU GROGI DULUAN.


Simak tips pintar berdebat berikut:



1.Pupuk rasa percaya diri.

Dengan rasa percaya diri kamu tidak akan kecil hati jika jalannya diskusi diwarnai adu argumen atau perdebatan sengit. Tanpa rasa percaya diri, segala persiapan tak akan berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, tak jarang kita jadi “MATI KAKU” dan tidak berani bersuara.



2.Jangan mudah goyah dalam berpendapat.

Adakalanya ketika kamu mengetengahkan pandangan atau pendapat, tiba-tiba saja ada peserta lain yang menginterupsi, bahkan menyanggah mentah-mentah pendapatmu. Menyikapi hal seperti ini kamu harus tenang jangan emosi. Yang terpenting, sertakan alasan-alasan kuat kenapa kamu berpendapat demikian. Jika masih ada pihak yang berkeras mempertahankan pendapatnya sendiri, serahkan semua kepada moderator atau pimpinan diskusi.



3.Siapkan data-data akurat.

Guna mendukung pendapat. Di dalam diskusi, data terbaru dan akurat barang kali seperti sebuah senjata di dalam peperangan. Artinya, fungsinya teramat vital. Tanpa dukungan data yang akurat, argumenmu menjadi lebih mudah terpatahkan. Kumpulan data-data sebanyak mungkin. Kamu bias mencari melalui berbagai media, internet salah satunya. Cari dan catat seperlunya sebagai bekal dalam berdiskusi nantinya.




4.Jangan suka memaksakan pendapat.

Perbedaan pandangan atau pendapat dalam menyikapi sebuah permasalahan boleh-boleh saja. Menjadi penting bagi kamu untuk menerima andaikan pendapatmu kalah melalui perdebatan yang sengit dalam suatu diskusi. Yang perlu digarisbawahi bukan menang ataupun kalah, melainkan keputusan atau kesimpulan yang bias diterima oleh semuah peserta. Enggak perlu marah, lebih-lebih menyimpan rasa dendam.

No comments:

Post a Comment