Trik Booting dalam 5 detik

Jangan kaget dan jangan kagum. Ternyata booting XP bisa dipercepat menjadi hanya 5 detik dalam 1 langkah mudah. Meski Microsoft Sendiri mengklaim waktu boot standar XP sekitar 30 detik, namun sebenarnya anda bisa mempercepatnya lagi. Bagaimana caranya?

Adalah sebuah fakta yang terlupakan kalau Windows menyediakan fitur Hibernate. Sebuah fitur yang setali tiga uang dengan standby. Kalau anda tidak Paham mengenai hibernate, akan saya jelaskan sedikit.

Hibernate dan standby merupakan salah satu fitur yang memungkinkan akses kembali ke OS lebih cepat daripada booting standar. Pada kedua fitur ini, informasi terakhir OS disimpan untuk di-load secara otomatis saat PC dihidupkan kembali. Ini akan mempercepat proses daripada harus boot dari awal. Bedanya adalah pada fitur standby, PC diharuskan tetap mendapatkan asupan daya karena informasi anda disimpan di Memory RAM yang notabene membutuhkan daya terus meneus agar bisa menyimpan data. Ini tentu “sama juga bohong” karena konsumsi daya untuk standby, meski kecil, tetap akan menumpuk bila anda melakukannya tiap hari. Nah, karena itu ada fitur Hibernate. Sebelas duabelas dengan Standby, ia juga menyimpan data terakhir OS, namun di harddisk. Sehingga data tetap ada meski listrik ke PC diputus.

Dengan menggunakan Hibernate, anda bisa mendapatkan respon awal sistem yang lebih cepat dan juga mendapatkan Desktop anda persis seperti saat anda tinggalkan.

Untuk menggunakan Hibernate mode. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengaktifkannya. Sebelumnya buka-buka dulu manual Motherboard untuk mengetahui apakah motherboard anda support Hibernate atau tidak. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Control Panel, Klik Performance and Maintainance – Power Option.
2. Di ujung kanan terdapat tab Hibernate. Klik untuk membuka.
3. Pastikan sisa Space di Harddisk cukup dengan melihat kalkulasi yang tersedia. setelah yakin centang pilihan Enable Hibernate..

Nah, setelah aktif. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan:

1. Klik Start – Shutdown.
2. Tahan tombol Shift sambil menyorot Standby.
3. Akan muncul opsi hibernation. Klik sambil tetap menahan Shift.

Kalau anda repot menjalankan langkah-langkah diatas, gunakan saja bermacam utility Shutdown yang tersedia. Salah satunya yang mudah dipakai adalah QuicKill.

Nah, tertarikkah anda untuk mencoba?

1 comment:

  1. terimakasih sudah berbagi
    semoga sukses selalu..

    ReplyDelete