Terima Email Dari Ponsel

Kelebihan layanan SMS dibandingkan e-mail adalah kemampuannya yang bisa menerima pesan secara on the fly, artinya asalkan ponsel aktif maka pesan SMS yang masuk bisa langsung diterima dan kita baca saat itu juga. Tapi itu cerita lama, saat ini layanan e-mail pun bisa berfungsi layaknya SMS dengan memanfaatkan fitur push mail.

Push mail sendiri bukanlah teknologi baru, bahkan ponsel-ponsel kelas menengah pun sudah banyak yang telah mendukung layanan yang bisa menerima dan mengirim pesan elektronik ini. Sayangnya masih banyak pengguna ponsel tidak mengetahui dan masih bingung memanfaatkan fitur ini.

Tidak sulit untuk menikmati layanan penarik e-mail ini, kuncinya adalah fitur POP3/SMTP yang mutlak tersedia, baik pada ponsel maupun server (situs) penyedia layanan e-mail. Saat ini sudah banyak layanan e-mail gratis yang menyediakan fasilitas POP3, sebut saja Yahoo Indonesia (www.yahoo.co.id) dan GMAIL (www.gmail.com) yang menjadi pilihan favorit para pengguna e-mail.

Jika Anda sudah memiliki akun Gmail ataupun Yahoo ID, selanjutnya tinggal melakukan pengaturan pada ponsel. Ada beberapa parameter yang harus diisi pada aplikasi e-mail di ponsel Anda. Sebelumnya pastikan dulu akses GPRS pada ponsel sudah berfungsi dengan baik.

Pada pengaturan push mail berikut, misalnya kita mempunyai akun emailku dengan password 123456789, maka parameter-parameter yang harus dimasukkan pada setting ponsel adalah sebagai berikut.

Yahoo ID
Mailbox Name :Yahoo
E-mail Address :emailku@yahoo.co.id
Username :emailku
Password :123456789
Incoming Mail server :pop.mail.yahoo.co.id
Outgoing Mail server :smtp.mail.yahoo.co.id
Access Point in Use :Pilih sesuai dengan operator yang digunakan
Mailbox type :POP3
Port :Default

Gmail
Mailbox Name :Gmail
E-mail Address :emailku@gmail.com
Username :emailku@gmail.com
Password :123456789
Incoming Mail server :pop.gmail.com
Outgoing Mail server :smtp.gmail.com
Access Point in Use :Pilih sesuai dengan operator yang digunakan
Mailbox type :POP3
Port :Default

No comments:

Post a Comment