Tips Berbicara Didepan Publik

kebanyakan orang masih malu , saat dia berbicara didepan publik,,
hal itu biasanya disebabkan karena tidak adanya pembiasaan dalam menyampaikan pendapatnya didepan banyak orang,
baik itu menjadi MC atau Saat pidato , dan sebagainya,,

cara agar bisa berbicara dengan lancar didepan publik :
1. Percaya pada diri sendiri
2. Tidak usah berpikir hal" yg tidak perlu dipikirkan ( mikirin pendapat orang, " ah nanti dia bakal bilang apa ya kalau saya ngomong gini.. bla bla,.. )
3. Mata agar fokus untuk melihat ke arah audiencenya
4. Sikap badan yg tegap dan posisi badan lurus
5. Tangan usahakan bergerak , mengikuti alur pembicaraan,,
6. Harus menguasai permasalahan yg ada ( untuk itu,harus banyak mengetahui pengetahuan umum dgn internet,koran,kaskus ,dll)
7. (Yang paling penting)Dibiasakan. . kalau diberi kesempatan untuk berbicara didepan publik usahakan untuk mencoba,apapun itu,karena dengan banyak mencoba , anda tidak akan nerveous lagi didepan publik)


tips itu mungkin bisa sedikit membantu juragan sekalian dalam berbicara didepan publik,
kalau agan sekalian bertanya ( apa TSnya sudah PEDE dan TENANG kah dalam berbicara didepan orang banyak? )
saya jawab "YA"
dan itu semua karena sering latihan dan sering maju,,

perlu diketahui pada awalnya saya juga tidak berani dan pemalu dalam berbicara didepan orang banyak,tapi karena sering praktek,,sekarang menjadi biasa dan justru saya bangga bila berbicara didepan orang banyak,karena dengan itu ,banyak teman" yg kagum dengan saya, dan juga guru" saya

Mari semua .. kita semua pasti bisa jika kita mau dan giat berlatih

No comments:

Post a Comment