Menonton Film Online Mulai Marak

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dicegah, dan kebutuhan akan akses internet cepat semakin hari semakain diperlukan. Apalagi kalau netter membutuhkan untuk menonton film secara online, yang tentunya tidak butuh download terlebih dahulu.

Saat ini di internet sudah banyak situs yang menawarkan streaming video secara online. Google dengan Youtube-nya saja telah menaikkan kualitas videonya menjadi 1 GB, walau durasinya masih tetap selama 10 menit. Mungkin ke depannya kalau akses internet sudah benar-benar kencang di seluruh dunia, situs-situs download terkenal seperti megaupload.com dan rapidshare.com sudah tidak menyediakan download untuk video lagi.

Pada saat ini sudah ada beberapa situs yang menawarkan streaming film secara utuh dengan durasi 1 hingga 2 jam lebih. Salah satunya adalah www.watch-movies.net, dimana netter bisa mencari film-film terbaru yang bisa ditonton langsung. Sayangnya beberapa kualitas film masih ‘low-res’ (resolusi rendah) dengan audio seadanya. Tapi bagi yang internet-nya kualitas sedang (768 kbps), bisa menyaksikan film ini streaming tanpa putus.

Kebanyakan situs-situs pemutar film tersebut mengambil sumbernya dari beberapa situs pemutar lainnya (saling sharing), karena kalau mengandalkan diri sendiri, database filmnya tidak akan lengkap dan membutuhkan kapasitas HDD yang sangat besar.

Selain itu sudah banyak bermunculan situs yang menawarkan rental DVD secara online, dimana netter bisa menonton langsung lewat jaringan internet, atau dengan kata lain sama seperti video on demand. Situs netflix.com bisa dikatakan salah satunya. Apple miliknya Steve Job selain menjual iTunes, juga sekarang memiliki rental online juga, yang beralamat di: http://www.apple.com/itunes/store/movies.html

Yah mungkin sudah saatnya beralih setahap demi setahap mengikuti perkembangan teknologi yang ada, dan mungkinkah suatu saat nanti, film di bioskop tidak akan laku lagi kalau netter bisa melihat langsung juga secara online film-film terbaru?

No comments:

Post a Comment