MENGETAHUI SANG MATA-MATA

Jangan pernah merasa aman saat diri anda terhubung dengan Internet. Ada begitu banyak orang tak terduga diluar sana. Siapa tau anda sedang "diintai" oleh seseorang yang sedang mengincar data-data sensitif anda.

Berikut ialah tips sederhana tentang bagaimana cara mengetahui ada tidaknya mata-mata yang sedang mengintai kita:



1.

Gunakan perintah netstat pada windows command processor. Lihatlah apakah ada proses yang LISTEN atau ESTABLISHED pada salah satu port komputer anda.Apabila anda tidak merasa membuka servis pada port tersebut, maka adanya kedua state diatas pada port itu bisa di curigai. Anda perlu waspada dengan hal ini.
2.

Install Firewall atau IDS yang handal pada komputer anda. Setting Firewall anda agar tidak ada yang bisa connect ke komputer kita. Filter program-program yang hendak membuka koneksi keluar (misalnya: browser, mail client, dsb) sehingga apabila ada yang ingin membuka koneksi keluar akan ada pesan peringatan diizinkan atau tidak. Dari sini kita bisa mengetahui jika ada program asing yang hendak buka port komputer kita untuk mengirim data secara diam-diam keluar.
Untuk IDS saya sarankan untuk menggunakan BlackIce. Nantinya, jika ada yang mencoba untuk connect ke komputer anda, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.
3.

Install Antivirus handal dan jangan lupa untuk melakukan update secara rutin. Biasanya Antivirus akan langsung mengenali spyware dan langsung membasminya.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment