Awas! Virus Ponsel Dapat Dikirim Melalui SMS dan MMS

WASPADALAH para pemilik telepon genggam. Kini virus dapat menular melalui pesan layanan singkat (SMS) maupun pesan multimedia (MMS). Virus ini dikenali dengan nama Curse of Silence atau CurseSMS.


Virus yang dapat mencemari dan merusak program ponsel ini ditemukan oleh Tobias Engel, belum lama ini.

Serangan virus ini dapat dilakukan secara sengaja melalui layanan SMS. Jika virus sudah terkirim, piranti penerima SMS dan MMS tak dapat berfungsi.

Hanya saja, ini juga bergantung kepada versi sistem operasi ponsel yang menjadi sasaran. Jika virus efektif melakukan perusakan maka yang dapat memperbaiki sistem ini adalah produsen ponsel.

Fortinet baru-baru ini mengumumkan bahwa Badan Penyelidikan Keselamatan Sedunia FortiGuard telah mengeluarkan versi baru peralatan FortiCleanUp untuk membantu para pengguna agar dapat memulihkan ponselnya dari serangan virus itu.

FortiCleanUp disediakan secara gratis yang beroperasi dalam ponsel oleh SymbianOS S60. Antivirus ini direka bentuk untuk menyingkirkan dan memulihkan piranti ponsel sebagai penangkis serangan jahat virus.

Fortinet menyediakan secara gratis FortiCleanUp yang membantu memulihkan ponsel dari serangan CurseSMS itu.

Peralatan FortiCleanUp untuk Curse of Silence secara otomatis akan menyingkirkan pesan SMS atau MMS yang berniat jahat.

Peranti ponsel ini tersedia antara lain pada ponsel Nokia yang menggunakan SymbianOS S60 edisi kedua dengan feature pack 2 dan 3, serta edisi ketiga dengan Feature Pack 1.

Juga termasuk ponsel lain dengan ciri 'N' hingga N95 dan dari ciri 'E' hingga E90, selain dari model-model yang lebih lama seperti 6680.

Untuk perlindungan lengkap yang sebenarnya, FortiGuard menyensyorkan pemasangan FortiClient Mobile Fortinet ke peranti-peranti ponsel.

Anti-virus ini menyediakan anti virus lain termasuk firewall pribadi, IPSec VPN, antivirus, antispyware dan anti-spam SMS.

FortiClient Mobile juga disediakan untuk Microsoft Windows Mobile dan sistem operasi SymbianOS S60.

No comments:

Post a Comment